Tuesday, March 11, 2014

Bagaimana Cara Menampilkan File Hidden di Windows

Menampilkan File Hidden di Windows 7 – Bagi anda pengguna Windows tentu sudah sangat akrab dengan istilah hidden file atau menyembunyikan file agar tidak tampil di direktori data pada windows anda. Hal ini berguna untuk anda melindungi data pribadi atau rahasia anda. Meskipun hal ini tidak maksimal, sebab ketika user lain pengguna laptop atau komputer anda mengetahui cara menampilkan file hidden di Windows 7 atau beberapa OS Windows lainnya, tentunya data anda sudah tidak menjadi rahasia dan pribadi. Tapi tenang saja, dengan menampilkan file hidden di sistem operasi windows anda, akan mengurangi resiko terkena virus. Berikut ini adalah Cara menampilkan file hidden di windows 7 atau windows 8.

Logo-Windows, Cara Menampilkan File Hidden di Windows 7
Cara menampilkan file hidden di windows 7
Silahkan anda buka Windows Explorer anda, bisa menggunakan Shortcut ( Logo Windows + E ) pada keyboard anda. Kemudian pada menu Organize di sebelah pojok kiri atas Windows Explorer anda silahkan anda klik.
Windows-Explorer-Windows-7
Windows-Explorer-Windows-7
Anda akan mendapati menu seperti diatas, masuk saja kebagian Folder and Search Options. Akan tampil sebuah Window baru untuk pengaturan Windows Explorer anda seperti pada gambar berikut ini.
Folder-Options-di-Windows-7
Folder-Options-di-Windows-7
Berikut yang perlu anda perhatikan :
  • Don’t show hidden files, folders, or drives : berguna untuk menyembunyikan file, folder atau drives pada komputer anda
  • Show hidden files, folder and drives : Fungsinya kebalikan dari menu diatas, yaitu untuk menampilkan.
  • Hide empty drives in Computer Folder : Ketika ada drive yang tidak berisi file atau folder apapun, dan anda ingin menyembunyikan atau menampilkan drives tersebut silahkan gunakan menu ini.
  • Hide Extension for known file types : Hal ini bisa sangat bermanfaat bagi anda untuk menghindari virus dan juga untuk mengenali tipe file pada komputer anda. Jangan centang bagian ini agar anda mudah mengenali ekstensi file anda seperti DSC001.jpg, tutorialkomputergratis.iso, photoshop.exe.
  • Hide Protected Operating System Files.(Recomended) : Gunakan menu ini untuk beberapa hal saja. Menu ini akan menampilkan atau menyembunyikan file system pada windows anda. Untuk contoh kasus ketika anda menancapkan flashdisk, terkadang anti virus seperti windows defender atau avast, akan memberikan notifikasi keberadaan virus pada file atau folder virus di flasdisk anda. Virus biasanya disembunyikan dan dikenali sebagai Protected Operaing System Files. Anda bisa menghapusnya setelah menampilkan melalui menu ini.
Sumber : http://tutorialkomputergratis.com/

0 komentar:

Post a Comment